Tuk Mudal Cempaka - Tegal


Tuk Mudal nama sumber mata air bersih yang alami ini terletak di Desa Cempaka, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Sekitar 6,3 KM jika dari pasar linggapura dan 10 KM jika dari Obyek Wisata Guci. Diberikan nama Tuk Mudal dari bahasa jawa yang artinya Sumber air yang besar dan keluarnya kuat, sehingga air tersebut nampak seperti ada dorongan dari bawah. Mata air ini digunakan oleh warga sekitar untuk keperluan sehari-hari.  Suasana yang asri dan sejuk membuat kita betah berlama-lama di sini. Meskipun tempat ini sederhana, namun kita bisa melihat banyak pohon rindang dan pegunungan yang mengelilingi mata air ini. Meskipun tidak terlihat jernih, namun suhu air di sini dingin lho, mengingat lokasinya berada di dataran tinggi. 


Areal kolam Telaga Cempaka ini cukup luas, yaitu sekitar 15 meter2 dengan kedalaman sepinggang orang dewasa. Selain digunakan untuk keperluan sehari-hari, sebagian juga digunakan untuk irigasi sawah warga sekitar. Sehingga tidak salah jika kita menemukan banyak sawah dan saluran-saluran irigasi di dekat mata air ini. Belakangan ini Tuk Mudal mulai digagas warga sekitar agar lebih menarik wisatawan berkunjung ke tempat tersebut. di antaranya dibuatkan jembatan yang menjulang ke tengah telaga untuk berfoto.

Selain itu warga sekitar juga memelihara ikan mas yang membuat pemandangan mata lebih adem. ada juga saung2 dari bambu yang dapat digunakan para wisatawan untuk berteduh atau sekedar beristirahat.
Bagi Anda yang menyukai wisata petualangan alam, tempat ini cocok untuk dijelajahi untuk menghilangkan rasa penat akan rutinitas sehari-hari. Selamat mencoba :)
Previous
Next Post »
0 Komentar